http://fai-umj.ac.idProdi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Agama Islam UMJ memulai acara shooting pembuatan film pendek di area Situ Gintung dan lokasi shooting lainnya dari pukul 13.00 sampai 16.00 WIB.

Produksi film pendek oleh mahasiswa prodi KPI FAI ini merupakan kegiatan perdana sebagai tugas mata kuliah produksi media televisi dan dilaksanakan out door. Mahsiswa KPI dalam kegiatan ini terbagi kedalam 2 kelompok untuk strategi manajemen produksi dan naskah/sekenario, namun menjadi satu kelompok ketika proses produksi. “Seluruh mahasiswa yang mengikuti mata kuliah ini berjumlah 11 (sebelas) orang, dan itu di bagi menjadi 2 kelmpok.” ujar divisi humas produksi (Yunan Rumbou).

Dua film pendek yang akan di buat oleh mahasiswa prodi KPI ini masing masing berjudul Aku Bangga Memanggilmu Ibu  (Kelompok 1), dan (kelompok 2). Produksi kedua film tersebut akan dilakasanakan selama satu minggu, dan dilanjutkan kedalam proses pasca produksi. Kegiatan di hari pertama ini berjalan cukup lancar tanpa ada hambatan yang berarti, tim bekerja sesuai dengan tugas masing-masing dari mulai persiapan hingga proses produksi.

Kegiatan ini sangat ditungu-tunggu oleh mahasiswa prodi KPI, karena mereka bisa berkreasi tanpa batas di seluruh lokasi shooting yang telah ditentukan dalam naskah. “kami menikmati setiap proses dalam kegiatan ini, dari mulai tahap pra-produksi, produksi, hingga nanti kami mempresentasikan karya kami dihadapan dosen pengampu mata kuliah produksi media tv.” Ujar seorang mahasiswa KPI (Syafi’i). Kegiatan ini juga menjadi ajang untuk menjajaki profesi dalam perfilman, mulai dari penulis naskah, sutradara, kameramen, laightingman, dan berbagai profesi lainnya, sehingga tercipta tim yang solid untuk memproduksi sebuh film.

 

sumber : fadhilah-ms3