http://fai-umj.ac.id/KPI Community 2013. BPMF (Badan Perwakilan Mahasiswa Fakultas) Fakultas Agam Islam – Universitas Muhammadiyah Jakarta kini telah memiliki payung hukum yang kuat setelah Dekan Fakultas mengeluarkan SK (Surat Keputusan) dan Wakil Dekan III melantiknya.

Setelah beberapa tahun terakhir Lembaga Kemahasiswaan mengalami kefakuman, kini Fakultas Agama Islam mulai mengaktifkan kembali seluruh Lembaga Kemahasiswaan dengan membentuk BPM tingkat fakultas, sebagai jalan untuk mengaktifkan seluruh kegiatan organisasi kemahasiswaan dari mulai KPU (Komisi Pemilihan Umum), BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) Fakultas dan HMJ (Himpunan Mahasiswa Jurusan).

Selasa (18/11) BPMF telah resmi dilantik dan diambil sumpah jabatan bersamaan dengan acara Tasyakuran dan Yudisium Lulusan Fakultas Agama Islam Tahun Ajaran 2013/2014, di Gedung Aula Sekolah Pascasarjana – UMJ. “Kami mengemban tugas yang cukup berat, karena ini adalah langkah awal kami setelah Fakultas Agam Islam dalam beberapa tahun terakhir fakum dalam lembaga kemahasiswaanya.” ujar ketua Umum BPM terpilih Patta Rajawane dari prodi Akhwalus Syaksiyah.

BPMF ini dilantik oleh Wakil Dekan III, Bapak Drs. Ayuhan Asmara, MA. sebagai bidang kemahasiswaan. Karena Ibu Rini selaku Dekan Fakultas Agama Islam berhalangan hadir. Namun kendatipun demikin acara Pelantikan dan Yudisium ini berjalan dengan khidmat dan sesuai dengan agenda yang telah direncanakan.
Mengenai tugas BPMF, dalam pembacaan SK disebutkan bahwa tugas yang harus dilaksanakan BPMF meliputi pembentukan panitia KPU tingkat fakultas. Melaksanakan pemilu raya BEM tingkat fakultas. Menampung dan menyalurkan aspirasi mahasiswa di tingkat fakultas. Melakukan pengawasan terhadap BEM fakultas. Memberi usul, pendapat, dan saran kepada pimpinan fakultas. Memberikan teguran kepada BEMF, dan yang terakhir BPMF bertanggung jawab kepada Dekan FAI.

Tak luput juga dijelaskan dalam pembacaan SK tersebut, bahwa fakultas mengatakan siap membiayai segala bentuk kegiatan yang dilaksanakan oleh BPMF dalam pelaksanaan tugasnya selama satu tahun kedepan. Dalam memaksimalkan kinerjanya BPMF membentuk empat komisi, yang terdiri dari Komisi Legislasi, Komisi Aspirasi,  Komisi Kaderisasi dan Komisi Pengawasan BEM, dengan setiap komisisnya memiliki fungsi yang berbeda dan program kerja yang berbeda pula untuk mencapai satu tujuan yang sama.

BPMF ini terbentuk dari enam prodi Fakultas Agam Islam, yitu prodi KPI yang mengutus 2 mahaiswa Yunan Rumbou (Komisi Legislasi) dan Taufik Padilah (Sektetaris Jenderal). AS mengutus 2 mahasiswa yaitu Patta Rajawane (Ketua Umum) dan Berkat Mbera (Komisi Pengawasan), PS mengutus tiga mahasiswa yaitu Hadijah Rumaf (Komisi Kaderisasi), Ivan Dedi P Manurung (Bendahara), dan Ifan Alhar (Komisi Aspirasi). PAI mengutus 3 mahasiswa yaitu Basri Nabi (Komisi Pengawasan), Husen Umkabu (Komisi Aspirasi) dan Novitho Bio Trisakti (Komisi Kaderisasi). PGMI mengutus 2 mahasiswa yaitu  Algeri (Komiasi Pengawasan) dan Fitrianur Wahidah (Komisi Legislasi), dan Zakat Wakaf menutus dua mahasiswa Suebi (Komisi Aspirasi) dan Budi Mulyana (Komisi Legislasi).

Fakultas Agama melantik pengurus BPMF sebagai langkah awal pembentukan lembaga-lembaga lain dibawahnya untuk memberikan pembelajaran kepada mahasiswa secara keseluruhan dalam menciptakan apa yang disebut dengan Students Governance atau pemerintahan mahasiswa.

 

sumber : krsfaiumj