Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) meluncurkan portal e-journal Misykat Al-Anwar yang beralamat di //jurnal.fai-umj.ac.id//, Jumat (29/1).

Acara tersebut dihadiri  oleh Wakil Rektor I UMJ A Kahar Maranjaya,  Wakil Rektor III  Irfan Purnawan, Dekan Fakultas Agama Islam (FAI) UMJ  Rini Fatma Kartika dan dekan lainnya, serta para dosen FAI UMJ.

Siaran pers FAI UMJ yang diterima Republika menyebutkan, tujuan strategis peluncuran e-journal tersebut terutama untuk mendorong budaya penelitian yang berbobot oleh para dosen UMJ, khususnya dosen FAI.

Selain itu,  mendukung program UMJ menuju research university dan world class university, meningkatkan minat  penelitian dan pengkajian/studi Islam di Indonesia, serta mengenalkan pemikir-pemikir/peneliti Indonesia di kancah pemikiran Islam dunia.

Dalam kesempatan tersebut Wakil Rektor III UMJ Irfan Purnawan yang mewakili rektor UMJ mengatakan pihaknya menyambut baik penerbitan portal e-journal tersebut.

Peluncuran e- journal Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta yang diberi nama “Misykat Al-Anwar”  berbasis sistem jurnal online merupakan langkah besar yang sangat positif dalam menggapai UMJ berbasis riset,” kata Irfan.

Ia menambahkan, portal tersebut  merupakan wadah publikasi dosen/peneliti yang berbasis online, khususnya di bidang Agama Islam. Dengan demikian, bisa diakses kapanpun, oleh siapapun dan bisa terindeks oleh Google scholar.

“Semoga e-journal ini bisa terus eksis dan berkembang sesuai kebutuhannya baik skala nasional maupun internasional ke depannya. Semoga kehadiran e journal ini memberikan manfaat yang besar, khususnya bagi FAI UMJ, umumnya bagi UMJ dan lebih luas lagi bagi dosen/peneliti baik PTS maupun PTN,” papar Irfan.