Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aplikasi konsep multiple intelligences dalam pembelajaran PAI di SMP pada Kurikulum 2013. Data penelitian bersumber dari data pustaka karena penelitian ini merupakan Penelitian Kepustakaan (Library Research). Sumber data yang digunakan ada dua macam yaitu data primer dan data sekunder. Data primer adalah kurikulum 2013 mata pelajaran PAI tingkat SMP & buku tentang konsep Multiple Intelligences. Adapun Data sekunder adalah berupa buku yang berbicara mengenai kecerdasan yang pernah di tulis oleh para ahli, bisa berupa majalah, jurnal, makalah, internet dan sebagainya yang mempunyai relevansi dengan judul penelitian. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran Berbasis Kecerdasan Majemuk adalah Guru merencanakan suatu pendekatan pembelajaran berdasarkan kurikulum yang berlaku sesuai dengan kompetensi inti dan kompetensi dasar yang ingin dicapai, menggunakan Metode/teknik pembelajaran yang tepat sesuai dengan jenis kecerdasan yang dimiliki siswa serta mendorong mereka berperan aktif dan bekerjasama mengenali dan mengoptimalkan jenis-jenis kecerdasan yang ada pada diri. Guru membuat perencanaan pembelajara, melaksanakan pembelajaran serta mengevaluasi hasil belajar siswa. 

Kata kunci: kecerdasan majemuk, strategi pembelajaran, berperan aktif, kurikulum, evaluasi.

 

Selengkapnya KLIK