Puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa atas limpahan rahmat dan karunianya sehingga kami dapat menyelesaikan buku Seri Literasi Keuangan untuk tingkat Perguruan Tinggi. Buku Seri ini terdiri dari 8 (delapan) buku yaitu (1) OJK dan Pengawasan Mikroprudensial; (2) Perbankan; (3) Pasar Modal; (4) Perasuransian; (5) Lembaga Pembiayaan; (6) Dana Pensiun; (7) Lembaga Jasa Keuangan Lainnya; dan (8) Industri Jasa Keuangan Syariah. Pada seri ini juga disertakan 1 (satu) buku suplemen mengenai Perencanaan Keuangan (seri 9).

Buku Seri Literasi Keuangan – Perasuransian disusun untuk untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa dan dosen tentang Industri perasuransian, mulai dari penjelasan teori yang mendukung, sejarah, klasifikasi asuransi, produk asuransi, perusahaan perasuransian, organisasi perasuransian, alur proses penutupan dan penyelesaian klaim termasuk menyelesaikan sengketa klaim, perhitungan pembayaran premi, perhitungan klaim, pengaturan dan pengawasan industri perasuransian, perkembangan industri perasuransian, dan karir di industri asuransi. Buku Seri Literasi Keuangan- Perasuransian ini dapat dijadikan sebagai pedoman bagi mahasiswa Fakultas Ekonomi maupun jurusan atau pihak terkait dalam pengkayaan materi dan wawasan serta memberikan petunjuk praktis untuk mendapatkan gambaran secara jelas mengenai industri perasuransian.

Tim Penyusun yang terdiri dari akademisi dan praktisi terpercaya di masing-masing industry berharap Buku Seri Literasi Keuangan untuk Perguruan Tinggi – Perasuransian dapat memberikan pemahaman mengenai fungsi dan manfaat serta potensi yang dimiliki oleh industri asuransi. Dengan memahami fungsi dan manfaat tersebut, mahasiswa dapat menentukan asuransi yang dibutuhkan dan mampu menjalankan penutupan asuransi serta mampu bersikap saat mengalami risiko kerugian. Selanjutnya, dengan penggunaan buku ini untuk pengajaran perguruan tinggi diseluruh Indonesia diharapkan akan membentuk masyarakat yang sadar dan mengerti akan fungsi dan manfaat asuransi, sehingga dapat menggunakan asuransi dengan baik dalam mengelola keuangan yang pada akhirnya dapat mewujudkan masyarakat Indonesia yang sejahtera.

Akhir kata, tim penyusun menyadari bahwa buku ini tidak luput dari kekurangan dan kesempurnaan. Tim Penyusun mengucapkan terima kasih kepada semua pihak atas kepercayaan yang diberikan dan pihak terkait yang telah membantu dan mendukung penyusunan serta penyelesaian materi Buku Seri Literasi Keuangan ini. Semoga buku ini bermanfaat bagi masyarakat luas dan bangsa Indonesia.

Selengkapnya KLIK